Jenis Kain Brokat yang Cantik Dijadikan Kebaya

Jenis Kain Brokat yang Cantik Dijadikan Kebaya

Rayloriga –¬†Kebaya merupakan salah satu jenis pakaian tradisional yang biasa dikenakan wanita dalam berbagai kesempatan. Mulai dari pernikahan, acara adat atau budaya, peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia, hingga upacara wisuda bagi siswa yang telah menyelesaikan pendidikannya. Jenis pakaian ini biasanya dikenakan bersama dengan sarung, batik hingga kain tenun, yang mempercantik penampilan Anda. Kebaya sendiri biasanya dibuat dengan kain brokat, atau kain tipis dengan motif dan tekstur yang berbeda. Tidak jarang kain brokat ini dipadukan dengan payet atau manik-manik yang semakin memberikan kesan cantik pada busana. Kain brokat tipis biasanya kain tambahan akan digunakan untuk menutupi bagian dalam kebaya agar tidak transparan.

Di Indonesia sendiri banyak sekali kain brokat dengan corak dan tekstur berbeda yang memiliki kelebihan masing-masing. Harganya pun berkisar dari puluhan ribu hingga ratusan ribu per meter. Semakin unik corak dan tekstur kain brokat maka akan semakin mahal harganya. Berbagai jenis bahan brokat menjadi pilihan favorit untuk membuat baju kebaya pengantin atau baju formal lainnya. Bagi yang sedang mencari referensi jenis kain brokat untuk acara pernikahan, acara wisuda atau lainnya, merdeka.com telah mengumpulkan disini berbagai sumber jenis brokat cantik dan elegan yang bisa menjadi pilihan baju kebaya Anda.

Jenis Kain Brokat Perancis

Brokat Perancis merupakan salah satu jenis kain brokat yang bisa menjadi pilihan favorit Anda. Bukan tanpa alasan, kain brokat jenis ini memiliki bahan yang lembut, tidak panas, dan motifnya lebih ketat dibandingkan jenis kain brokat lainnya. Motif atau corak yang sudah ketat berarti kain brokat jenis ini tidak perlu lagi ditutup dengan bahan ekstra. Selain itu, kain brokat Prancis yang lembut ini tidak menimbulkan efek gatal saat dikenakan. Jenis kain brokat ini mungkin bisa menjadi rekomendasi terbaik bagi yang ingin bikin baju kebaya untuk pengantin. Namun Anda harus menyiapkan dana yang cukup besar karena kain brokat ini memiliki harga yang cukup fantastis.

Kain brokat semi Prancis

Untuk kamu yang tertarik dengan jenis brokat prancis yang satu ini namun tidak ingin lagi menghabiskannya, ada rekomendasi lain yang bisa kamu pilih yaitu bahan semi brokat prancis. Jenis bahan ini sedikit berbeda dari brokat Prancis. Perbedaannya adalah kainnya lebih kaku daripada brokat Prancis. Namun justru dengan bahan yang agak kaku ini membuat bahan jenis ini lebih mudah untuk dijahit dan lebih kuat. Tidak jarang perancang busana lebih memilih Brokat Semi Prancis karena alasan ini. Harganya lebih murah dari French Brocade. Oleh karena itu Anda bisa menjadikan rekomendasi ini sebagai bahan brokat untuk baju kebaya Anda.

Jenis Kain Brokat Prada

Jenis kain brokat lain yang tidak kalah menarik adalah Brokat Prada. Jenis kain brokat ini memiliki motif yang menonjol dan tekstur yang halus sebagai ciri dan manfaatnya. Dengan fitur-fitur tersebut, tidak jarang bahan jenis ini menjadi pilihan favorit para perancang busana kebaya. Karena bahan jenis ini memiliki potongan yang halus dan cocok untuk semua gaya kebaya. Bahan brokat Prada bisa didapatkan di banyak toko kain di kota Anda. Harga yang ditawarkan bervariasi tergantung kehalusan bahan dan jenis motifnya. Untuk kamu yang ingin bikin baju kebaya elegan, kain brokat ini bisa jadi pilihan.

Jenis Bahan Brokat Jepang

Brokat jepang juga memiliki kelebihan tersendiri sebagai salah satu jenis kain brokat untuk pakaian kebaya. Brokat Jepang memiliki ciri khas pola bunga besar yang tersebar di seluruh kain. Brokat jenis ini juga memiliki bahan yang lembut, meski tidak selembut brokat Prancis. Ukuran kainnya biasanya tidak terlalu lebar. Namun harga kain brokat jenis ini lebih murah dibandingkan dengan brokat Perancis. Motifnya simpel dan bahannya cukup halus, cocok untuk acara wisuda.

Jenis Kain Brokat Italia

Untuk Anda yang menyukai payet atau sulaman, kain brokat jenis ini bisa jadi pilihan. Brokat italia, merupakan jenis kain brokat yang sudah mengandung payet dan sulaman. Payet atau sulaman yang terdapat pada jenis kain brokat ini pun bermacam-macam. Semakin rumit dan unik bentuk payet dan sulamannya maka akan semakin mahal harganya. Namun kain brokat jenis ini tidak lagi membutuhkan tambahan payet atau sulaman, sehingga cukup praktis dan menghemat waktu untuk membuat model kebaya.

Kain Brokat Corneli

Kain brokat Coneli tidak kalah menarik dengan jenis kain brokat lainnya. Bahan brokat jenis ini memiliki motif bordir yang sangat rapat dan bahannya terasa halus. Padahal motif bordiran yang rapat ini cukup membuat kain ini terasa berat saat dikenakan. Namun kondisi ini tidak menjadi masalah jika Anda sudah jatuh hati dengan motif bordir yang elegan. Bahan jenis ini juga memiliki bahan yang fleksibel sehingga pas di badan.

Kain Brokat Tille

Buat kamu yang sedang mencari rekomendasi brokat ringan untuk dikenakan bisa memilih bahan brokat Tille. Karena jenis kain brokat ini memiliki tekstur yang tipis sehingga sangat ringan untuk dikenakan. Meski tipis, kain brokat ini cukup kuat dan tahan lama untuk dijadikan busana kebaya. Harga yang ditawarkan pun tidak terlalu mahal, sehingga cocok untuk anda yang ingin bikin seragam kebaya untuk satu keluarga.

Kain Brokat Suppert

Jenis kain brokat Suppert ini memiliki satu keunggulan yang tidak dimiliki oleh kain brokat lainnya yaitu bahannya yang fleksibel atau bisa diregangkan sehingga sering digunakan oleh konveksi seragam. Jenis kain brokat ini bisa kamu pilih jika ingin membuat baju kebaya yang pas dengan badan dan nyaman dipakai. Bahan jenis ini juga memiliki motif relief yang tidak kalah menarik dengan motif brokat lainnya. Untuk kamu yang sedang mencari rekomendasi brokat untuk acara formal, kamu bisa memilih bahan jenis ini.