Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno5 F

Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno5 F

Rayloriga – Diluncurkan pada pertengahan Maret 2021, OPPO Reno5 F siap untuk melawan industri ponsel Indonesia dengan membawa berbagai “amunisi” mutakhir. Varian Reno5 F saat itu merupakan pelengkap lini Reno5 5G dan Reno5 Pro 5G yang pertama kali hadir di pasaran pada Desember 2020.

Ponsel yang dikenal dengan nama OPPO A94 di wilayah luar Asia ini mendapatkan beberapa pembaruan dari penerusnya, Reno4 F. Ponsel OPPO yang ditujukan untuk anak muda seperti pelajar atau lulusan baru ini telah beredar di pasaran dengan banderol harga 4,29 juta. rupee. .

Dengan motto “Picture life in Speed”, OPPO Reno5 F didesain dengan bodi kekinian dengan dua varian warna Fantastic Purple dan Fluid Black dengan luminous undertone.

Keunggulan OPPO Reno5 F

Apa pendapat Anda tentang spesifikasi OPPO Reno5 F yang Anda baca di atas? Dari situ kami merasakan beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh smartphone OPPO ini. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai keunggulan OPPO Reno5 F, Anda bisa membaca rangkuman berikut ini:

1. Suguhan Layar yang Kuat

Kesan pertama dari desain smartphone ini adalah modern dan elegan, berkat campuran kaca untuk area depan dan selebihnya dalam plastik mengkilap. Bodi OPPO ini memiliki dimensi 160,1 x 73.2 x 7.8mm dengan bobot yang relatif ringan yakni 172 gram.

Dengan konsep Punch Hole, layar perangkat ini tampil lebih besar meski hanya berukuran 6,43 inci. Dengan rasio layar-ke-tubuh 85,2%, OPPO Reno5 F menggabungkan teknologi panel AMOLED, yang dikatakan menawarkan saturasi tinggi, warna yang lebih cerah, dan konsumsi daya yang lebih rendah.

Selain itu, tingkat kecerahan yang ditawarkan oleh model OPPO ini adalah 430 nits hingga batas maksimum 800 nits. Oleh karena itu dapat diartikan bahwa layar OPPO Reno5 F memberikan kenyamanan bagi penggunanya, terutama saat menggunakan perangkat di luar ruangan dengan layar yang terkena pantulan sinar matahari.

Dengan resolusi 1080 x 2400 piksel, kerapatan pikselnya sebesar 409 ppi membuat kualitas gambar yang dihadirkan oleh layar OPPO Reno5 F lebih tajam dan jernih di kelasnya. Dengan cara ini ketika pengguna melihat gambar atau video, tidak ada lagi kata-kata kabur.

2. Sistem Android terbaru

Menjadi produk terbaru, OPPO Reno5 F memiliki opsi untuk menguji sistem operasi yang lebih baru yaitu Android 11. Dengan sistem operasi Android 11, pengguna akan merasakan fitur yang lebih mengesankan dan fungsional.

Cara melihat riwayat pemberitahuan, mendapatkan rekomendasi aplikasi, pengaturan rumah pintar pada tombol daya, perekaman layar, kontrol media, menambahkan emoji baru, kehadiran tema gelap, tangkapan layar panjang, akses ke mini-game, modifikasi ukuran gambar, koreksi item di menu Bagikan, hadirnya mode “Jangan ganggu”.

Sistem antarmuka OPPO Reno5 F juga diperbarui ke ColorOS 11.1. Perangkat akan menyertakan berbagai fitur baru termasuk Flex Drop untuk memberikan status tampilan layar penuh atau mini, Terjemahan Tiga Jari dengan Google untuk memfasilitasi proses terjemahan, dan Always on Display untuk mengelola tampilan di layar dan tetap menyala. .

Ada juga beberapa fitur dari sistem antarmuka ini yang membantu pengguna untuk bermain game, seperti Bullet Screen Message yang berfungsi untuk menangkap pesan penting tanpa menghalangi layar game, Adjustable Touch Gaming untuk memaksimalkan algoritme layar sentuh yang paling halus, Hyper Boost 4.0 dan akses langsung ke modus permainan. .

Melangkah ke podium dapur, ditenagai oleh chipset MediaTek MT6779V Helio P95 berbasis 12 nanometer, Anda siap untuk terlibat dalam aktivitas multitasking, mulai dari bermain game hingga menonton drama Korea. Selain itu, OPPO Reno5 F mendukung prosesor grafis PowerVR GM9446, siap memberikan tampilan grafis yang optimal.

Prosesor ini terdiri dari octa-core yang terdiri dari dua Cortex-A75s pada 2,2 GHz dan enam Cortex-A55s yang memiliki kecepatan clock hingga 2,0 GHz. Dengan nyali, OPPO Reno5 F berhasil meraih hasil AnTuTu v8 hingga 207.500, bisa dikatakan bisa bekerja dengan baik.

3. Konfigurasi Kamera Mentereng

Berbicara tentang keterampilan fotografi, ponsel kelas menengah ini layak mendapat pengakuan lebih. Pasalnya, sistem kamera OPPO Reno5 F telah menciptakan kecerdasan buatan (AI) yang dapat memudahkan pengguna untuk mengambil foto atau merekam momen berharga dan spesial.

Kamera belakang didasarkan pada empat sensor atau empat kamera yang mampu menangkap gambar lebih tajam dengan pengaturan yang mencakup 48 MP dengan aperture f / 1.7 pada sensor utama, 8 MP dengan aperture f / 2.2 untuk sensor sudut lebar dan masing-masing 2 MP dengan aperture. . f / 2.4 terintegrasi ke dalam sensor makro dan kedalaman.

Pada sistem kamera utama ini dianimasikan dengan fungsi HDR, panorama dan LED flash yang akan menghasilkan screenshot yang lebih artistik. Untuk kemampuan videografi, smartphone ini memiliki resolusi 4K pada 30 fps dan 1080p pada frame rate 30/120 fps. Disertai dengan teknologi balancing, gyro-EIS, untuk mengurangi guncangan selama proses perekaman video.

Untuk menghasilkan sejuta potret sempurna, OPPO Reno5 F mengintegrasikan kamera depan 32 MP dengan lensa aperture f/2.4.

Hasil jepretan kamera selfie mampu menghasilkan gambar berkualitas dari segi kecerahan dan kontras, hal ini tak lain adalah munculnya fungsi HDR. Untuk mendukung aktivitas konferensi video, kamera ini mampu merekam dalam resolusi 1080p pada 30 fps.

Pengaturan kamera OPPO Reno5 juga mengundang beberapa fitur keren mulai dari AI Color Portrait untuk membuat objek lebih eye-catching dengan aksen warna, Dynamic Bokeh untuk menggelapkan background dan AI Beautification 2.0 untuk menambahkan efek stylish yang bisa disesuaikan dengan referensi.

Fitur videografi termasuk peningkatan adegan AI, video tampilan ganda, video monokrom, dan potret malam. Pengguna dapat menggunakan aplikasi pengeditan video default yang disebut SOLOOP untuk mengedit dan menghasilkan video yang bergaya dan profesional.

4. Teknologi Bluetooth 5.1.

Di sektor konektivitas, selain menawarkan fitur WiFi yang mumpuni dan sistem navigasi yang presisi, OPPO Reno5 F memiliki teknologi Bluetooth versi 5.1. Versi ini memungkinkan pengguna untuk mentransfer data dengan kecepatan 2 Mbps dengan jangkauan yang lebih luas hingga 240 meter.

Selain itu, ada lebih banyak fungsi lokasi untuk mengembangkan konsep Internet of Things (IoT), mengkonsumsi lebih sedikit daya dan dapat menghubungkan dua perangkat audio ke perangkat lain. Dengan adanya fungsi editing Bluetooth 5.1 pada OPPO Reno5 F tentunya akan memudahkan berbagai aktivitas pengguna di era digital saat ini.

Kekurangan OPPO Reno5 F

Sebagai calon pengguna, kita tidak boleh terlalu berharap pada sebuah smartphone, karena bisa mengisi kekurangan yang ada. Seperti halnya OPPO Reno5 F yang juga memiliki beberapa celah pada spesifikasinya.

Berikut Curry Signal yang menjelaskan kekurangan OPPO Reno5 F. Yuk, langsung saja simak rangkumannya di bawah ini:

1. Baterai Terbilang Standar

Untuk ponsel kelas menengah saat ini, sepertinya baterai Li-Po berkapasitas 4310mAh yang disematkan pada OPPO Reno5 F masih cukup standar dibandingkan ponsel lain di kategori yang sama. Namun, sistem baterai memiliki mode siaga super malam dan mode hemat daya super.

Sebagai artis, pengguna akan disuguhi fitur fast charging VOOC Flash Charge 4.0 yang bisa mencapai 30 watt. Teknologi ini memungkinkan perangkat untuk mengisi ulang dengan cepat. Dalam laporan OPPO, disebutkan bahwa pengisian daya selama 5 menit menjanjikan pengguna untuk menonton video hingga 2,9 jam.

2. Tidak Menghadirkan Fitur NFC

Jika mengacu pada GSM Arena, sangat disayangkan dengan harga yang ditawarkan Rp 4,29 juta per unit, OPPO Reno5 F tidak hadir dengan fungsi NFC. Sebuah fitur yang saat ini sudah terpasang di beberapa ponsel kelas menengah ke atas. Bahkan, dengan memperkenalkan fungsi NFC, pengguna akan menikmati berbagai manfaat untuk aktivitas sehari-hari.

Misalnya, memungkinkan pengguna untuk memproses pembayaran digital atau non-tunai, mentransfer data atau media, menghubungkan perangkat ke perangkat lain yang juga memiliki fungsi NFC, mengakses informasi kartu secara cerdas, menerapkan perangkat lunak secara instan untuk menandai suatu lokasi.

3. Minim Pilihan Memori

Dibandingkan dengan rekan-rekannya di seri yang sama, yaitu OPPO Reno5 5G dan Reno5 Pro 5G, edisi Reno5 F ini hanya menawarkan satu jenis ruang penyimpanan. Dengan demikian, bagi calon pengguna atau pembeli Reno5 F akan ditawarkan RAM 8 GB dan memori internal 128 GB.

Sebenarnya ukurannya besar, namun OPPO tidak berencana untuk menawarkan jenis memori lain seperti memori yang lebih kecil atau bahkan lebih besar. Selain itu, belum diketahui teknologi penyimpanan yang dibawanya, apakah itu UFS atau eMMC.

4. Belum Mendukung Jaringan 5G

Apalagi bagi Anda yang gencar menginginkan ponsel berjaringan 5G, maka OPPO Reno5 F bukanlah jawabannya. Pasalnya, smartphone Maret 2021 ini belum mendukung jaringan terkoneksi 5G. OPPO Reno5 F masih berbasis teknologi GSM, kecepatan HSPA 42.2/5.76Mbps dan LTE-A.

Namun, perangkat ini tetap dapat bernavigasi dengan baik tergantung pada penyedia dan lokasi pengguna. Atau, Anda mungkin dapat menggunakan OPPO Reno5 5G, yang telah melihat peningkatan bisnis jaringannya.

Refensi : Berita Teknologi Terbaru